Max Cavalera di Indonesia

Halo, Gimana Jakarta kali ini ?

Great! Sebelumnya kami manggung di Malaysia, dari sana langsung terbang ke sini dengan penerbangan penuh turbulensi dan saya tidak suka itu. Saya merasa lega ketika sudah menyentuh daratan. Well..Hari yang bagus,makanan yang enak, orang-orang yang ramah, Show yang Baik!

Oh ya, emang makanan Indonesia apa yang kamu suka ?

Saya suka makanan sederhana itu,,saya tidak tahu namanya, yang pasti itu ayam goreng dan nasi yang dibungkus dengan daun pisang, hahaha

Terus, gimana show-nya kemarin?

Oohh, kita dapat show yang bagus. Sekitar 20 tahun yang lalu pertama kali ke sini bersama Sepultura dan sekarang untuk kedua kalinya saya ke sini. Banyak yang berbeda ,ini semacam evolusi, tapi sejak itu hingga sekarang saya masih tetap menikmati show-nya, menikmati croud-nya, dan semua orang pasti senang di sini.Saya suka kombinasi lagu-lagu yang saya bawakan.Perpaduan antara materi baru yang di campur dengan hits klasik dari Soulfly dan Sepultura. Saya sengaja mempersiapkan ini jauh-jauh hari. Special untuk show di Indonesia. Satu hal yang baru “Plata O Plomo” (judul lagu barunya) bisa membuat semuanya bernyanyi bersama.Pokoknya, ini gaya eksekusi yang asik. Saya suka  circle pit yang besar, saya suka orang yang berteriak kencang dan saya suka orang-orang yang intens di moshpit. Saya juga yakin mereka menikmati show itu, itu kerja yang bagus untuk sebuah show.

Ada yang beda nggak, antara show dulu dan sekarang ?

Dulu ketika saya pertama kali ke sini,saya kaget dengan perlakuan para aparat.Banyak orang, bahkan anak kecil menentang aparat untuk tidak memberhentikan show-nya, mereka dipukul dengan bamboo dan aparat itu berhasil membuat mereka terduduk. Saya ingat,saat itu saya harus manggung dengan baju lengan panjang karena tato di tangan saya tidak boleh terlihat. Teralu banyak aturan. Sekarang? Tidak ada masalah,lihat saja sendiri,setiap orang bisa mengekspresikan apa saja. Saya rasa sekarang lebih liberal dan lebih terbuka.

Apa yang berbeda antara Soulfly yang dulu dan sekarang?

Nggak banyak yang berbeda antara Soulfly dulu dengan sekarang.Vocal dan permainan gitar saya juga tidak ada yang berubah. Mungkin di album yang baru ini lebih trash, lebih brutal, dan lebih ekstrim. Sebenarnya setiap album ada perbedaan, karena hampir di setiap albumnya kami ganti banyak drummer,kami ganti banyak bassist.Album ini, kami coba untuk mendatangkan getaran baru. Sekarang saya dapat album yang bagus, karena line up yang bagus juga, lebih powerfull. 

Apa yang biasa kamu lakukan di backstage sebelum manggung?

Saya tidak banyak melakukan sesuatu di backstage. Biasanya saya menghindari sesuatu yang merusak mood dan konsentrasi saya, saya harus bagus di panggung. Saya lebih memilih diam sendiri.Kalau tour di Amerika atau Eropa, saya biasa pakai bus tour,dan saya simpan bis situ di pinggir panggung. Saya hanya diam sendiri sampai saatnya saya harus naik panggung, itu Charles Bronson banget, hahaha.

Penulis : Zanoe Aliep

Max-Cavalera-Spesial-Untuk-Indonesia_articleimage

Leave a Reply

